Sebuah
naskah abad ke-18 mengenai komposisi musik dan irama menunjukkan
qitara, atau gitar, dari buku Tafhim al-maqamat Karya Kamani Khidir Aga.
Musik
melintasi benua, budaya, masyarakat, dan alam. Seperti bahasa,
memungkinkan kita untuk berkomunikasi. Tapi apakah seniman abad ke-20
dan penyanyi tahu bahwa banyak karya mereka dulunya menggunakan hasil
karya dari tangan umat Muslim dari abad kesembilan di Timur Tengah?
Para seniman ini, Khusunya pada Al-Kindi, Menggunakan notasi
musik, sistem penulisan musik.
Mereka juga
menamai naskah skala musik dengan suku kata, bukan huruf, yang
disebut solmisasi. suku kata ini membentuk notasi dasar dalam
musik saat ini. Kita semua akrab dengan do, re, mi, fa, sol, la, ti.
Huruf Arab untuk notasi ini adalah dal, ra, mim, fa, sad, lam, sin.
Kesamaan fonetik antara notasi hari ini dan huruf Arab yang digunakan
pada abad kesembilan yang sangat mencolok.
Sekitar 70
tahun setelah Al-Kindi, Al-Farabi mengembangkan rababah, nenek moyang
dari keluarga biola, dan qanun, dan sebuah kecapi meja. Dia menulis
lima buku tentang musik, tapi The Great Book of Music mengenai teori
musik adalah masterpiece-nya. Pada abad ke-12, itu diterjemahkan ke
dalam bahasa Ibrani, dan kemudian ke dalam bahasa Latin.
Pengaruh
AI-Farabi dan bukunya berlanjut terus hingga abad ke-16. musisi
keliling, pedagang, dan wisatawan semua membantu mengenalkan musik
Arab dalam perjalanannya ke Eropa, dan ini membantu membentuk
kehidupan budaya dan seni di Spanyol dan Portugal di bawah 500 tahun
pemerintahan Muslim. Salah satu buktinya ditemukan dalam koleksi lagu
di Cantigas de Santa Marfa.
" Ketika muslim datang ke Eropa pada awal abad kedelapan, mereka datang dengan membawa hal lebih maju dalam pengembangan musik. dalam pembuatan alat musik dari negara-negara Eropa, sehingga hanya pengaruh mengenai musik yang luarbiasa merekalah yang bisa dipertanggungjawabkan. “
” CARL Engel, on A 20TH-CENTURY HISTORY OF MUSIC SCHOLAR
Terdiri
sekitar 1252 Buah lagu dari pesanan Alfonso X el Sabia, raja Castilla
dan Aragon, diantaranya ada 415 lagu religius tentang Bunda Maryam (
Siti Maryam ). Banyak orang juga berperan dalam penyebaran musik
baru ke Eropa.
Pengaruh
cukup besar terletak pada satu orang, ialah Ziryab, yang dikenal
sebagai “Blackbird” karena suara merdu dan seorang kulit hitam.
Dia adalah seorang murid berbakat dari musisi Baghdad yang terkenal,
tapi bakatnya dan keunggulan dalam musik perlahan menyaingi gurunya,
sehingga khalifah Umayyah mengundangnya ke Andalusia. Kemudian Ziryab
menetap di istana Cordoba pada tahun 822.
Pada
Pemerintahan di bawah Khalifah ‘Abd al-Rahman II, putra dari
Khalifah Umayyah. Di sini, Ziryab menemukan kemakmuran dan
penghargaan dari seni, menjadi penghibur istana dengan gaji bulanan
lebih dari 200 dinar emas dan mendapat hak istimewa lainnya.
Prestasinya
yang banyak, termasuk membangun sekolah musik pertama di dunia di
Cordoba, yang mengajarkan tentang harmoni dan komposisi,
memperkenalkan kecapi Arab (al-‘ud) ke Eropa dan menambahkan string
bass kelima, menggantikan plectrum kayu dengan bulu dari burung
bangkai, dan menata ulang teori musik semuanya dan
menetapkan parameter irama dan ritmis.
Henri
Terrasse, sejarawan abad ke-20 Perancis, mengatakan, “Setelah
kedatangan [Ziryab], seperti angin segar dari kesenangan dan
kemewahan hidup yang datang dari Cordoba.
Suasana yang penuh dengan puisi dan kesenangan yang mengkelilingi Ziryab, dia menciptakan lagu-lagunya pada malam hari bersama dua kawannya yang bermain kecapi. dan Dia memberi seninya yang tak ternilai harganya bagi kita.
“
Kekhalifan Ottoman adalah negara Euro Asia pertama yang memiliki sebuah band musik militer. Didirikan pada 1299, band militer yang terkenal ialah Mehterhane yang mengikuti sultan saat melakukan ekspedisinya. yang muncul tiba di tengah-tengah pertempuran untuk membangkitkan semangat para prajurit dan juga menakutkan musuh. The Janissary, pasukan elit, juga memiliki band dengan enam sampai sembilan anggota dengan instrumen seperti drum (zurna), klarinet, triangle, simbal (Zil), dan drum ketel perang (kos dan naqqara).
mereka menaiki punggung unta kemudian memainkannya. ketika Eropa bertemu band Janissary saat damai maupun perang. mereka menjadi duta di berbagai resepsi dan menjadi pusat mode untuk bisa memiliki instrumen Ottoman-Turki, “Turquerie” mode, di Eropa. Pasukan Janissari dikalahkan di gerbang Wina pada tahun 1683 dan dan alat musik mereka.
Ini adalah suatu peristiwa yang menyebabkan munculnya band militer Eropa. Bahkan band militer Perancis Napoleon Bonaparte yang dilengkapi dengan alat-alat musik perang Ottoman seperti Zil dan gendang. Dikatakan bahwa keberhasilan Napoleon di pertempuran Austerlitz (1805) adalah karena sebagian dampak psikologis dari kebisingan instrumen musiknya.
Buku 1001 Inventions : The Enduring Legacy Of Muslim Civilization
halaman 48-49.